DUNIA KITA

SEJARAH JAVASCRIPT

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. JavaScript populer di Internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web, seperti Software Internet Explorer (IE), MozillaFirefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.



Java Script adalah bahasa yang berbentuk skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejaranh internet bahasa ini adalah bahasa Skrip pertama untuk web.Bahasa ini adalah bahasa pemrograman unutk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan mengeksekusi perintah disisi user, yang artinya disisi browser bukan disisi server web.


Sejarah JavaScript pertama kali dikembangkan Oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama MOCHA, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.Navigator sebelumnya telah mendukung java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programer yang non-java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodir hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah akhirnya berkembang dan diiberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

Dalan penulisan perintah yang digunakan adalah <SCRIPT LANGUANGE="JavaScript"> program javascript disini</SCRIPT>. perintah tersebut biasanya diletakkan diantara tag <BODY>..</BODY>

Contoh Penulisan :
<HTML>
<HEAD><TITLE>....</TITLE></HEAD
<BODY>
<SCRIPT lannguange="JavaScript">
             kode javascript disini
</SCRIPT>
             kode HTML disini
</BODY>
</HTML>

Cukup sekian,kilasan tentang JAVASCRIPT semoga bermanfaat bagi anda dan juga saya sendiri.

Sampai jumpa di modul selanjutnya.

Like nya jangan lupa sob.


Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "SEJARAH JAVASCRIPT"

Posting Komentar